Belajar Menyetir Mobil Secara Otodidak Yang Benar

teori-belajar-mobil

Belajar menyetir mobil secara otodidak – Pada jaman sekarang ini, sebagian besar orang sudah bisa mengemudikan mobil. Walaupun awalnya mereka belajar secara kursus ataupun otodidak. Sangat mudah sekali bila Anda mau memperhatikan dan mau belajar bagaimana mengemudikan mobil secara otodidak. Bila Anda sampai sekarang ini masih belum mampu menyetir mobil, tentu saat ini adalah saat yang tepat untuk Anda belajar menyetir mobil. Belajar menyetir mobil bukan harus mempunyai mobil terlebih dahulu. Bisa Anda memanfaatkan kursus yang sekarang ini banyak menyediakan jasa kursus setir mobil. Tetapi bila Anda mempunyai mobil ataupun saudara yang mempunyai mobil, tentu bisa Anda manfaatkan untuk belajar menyetir mobil.

Pada masa saat ini juga masih banyak lowongan pekerjaan yang membutuhkan supir untuk mengemudikan mobil perusahaan ataupun perorangan. Untuk itu tidak ada salahnya bila Anda juga memulai belajar.  Mengemudikan mobil, tidak sesulit yang Anda bayangkan bila Anda mau mencobanya. Asalkan ada niat untuk berani belajar mengemudikan mobil tersebut. Untuk itu, di artikel sewa mobil solo kali ini saya akan membahas bagiaman belajar menyetir mobil secara otodidak yang sangat mudah untuk Anda pelajari.

Tahap awal belajar menyetir mobil secara otodidak yang mudah

belajar menyetir mobil secara otodidak

Perlu untuk Anda ketahui, sopir adalah pemimpin di dalam kendaraan atau mobil yang dikemudikannya. Oleh karena itu, tugas sebagai sopir mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap penumpang yang ada di dalam mobil tersebut. Untuk itu, seluruh keselamatan penumpang sangat bergantung sekali oleh tugas sang supir. Maka dari itu, menjadi seorang supir tentu sangat penting dalam berkendara menggunakan mobil. Sebelum kita memulai untuk praktek, sangat penting sekali bila Anda terlebih dahulu mengetahui fungsi-fungsi penting dalam mobil.

Rem – ini berfungsi untuk menghentikan mobil atau memperlambat laju kendaraan

Gas –  memiliki fungsi sebagai alat untuk mempercepat ataupun memperlambat kecepatan/laju mobil yang Anda kemudikan.

Kopling – mempunyai tugas untuk menetralkan saat akan mengganti gigi ( selain itu kopling juga sebagai prasyarat untuk mobil mulai melaju atau jalan. Bila saat melepaskan kopling tidak pas, maka mobil akan seketika mati)

Hand Rem – berfungsi untuk mengunci rem mobil agar tidak bergerak saat mobil dalam kondisi mati.

Cara memegang setir mobil dengan baik

Cara memegang setir dengan benar adalah dengan memegang ujung tuas yang berbentuk benjolan namun tidak digenggam. Kemudian, dipegang setir tersebut menggunakan 2 ruas bawah jari telunjuk dan tengah.  Lalu, diapit dengan jari yang lain di kanan kiri tanpa adanya tekanan / rileks.

Persneling mobil Manual

Biasanya setiap persneling mobil manual memiliki kecepatan atau speed dari satu sampai lima. Juga biasanya untuk persneling mobil yang berfungsi untuk mundur ada tanda huruf R/mundur. Bila persneling mobil berada di tengah-tengah diantara gigi-gigi lainnya menandakan dalam kondisi netral.

 Tips menggunakan tuas persneling

Dalam belajar menyetir mobil  secara otodidak , seharusnya Anda sudah menggunakan feeling dalam memindah persneling mobil. Biasanya bila Anda memindahkan gigi sampai berbunyi “klek”, berarti perpindahan gigi tersebut sudah betul. Setelah itu, cobalah untuk menghafal posisi gigi-gigi antara 1,2,3,4,5 dan R dengan benar. Karena saat Anda belajar mengemudikan mobil, sebenarnya tidak diperbolehkan untuk menoleh gigi saat menyetir. Jadi saat menyetir dan juga memindah gigi, Anda harus focus kedepan. Begitu juga saat menginjak gas, rem dan kopling juga tidak diperbolehkan meliriknya. Karena hal tersebut sangat mengganggu konsentrasi Anda dalam menyetir mobil.

Tips Belajar mengemudikan mobil secara otodidak

belajar-mengemudikan-mobil-secara-otodidak

Ini adalah langkah awal Anda memulai belajar mengemudikan mobil secara otodidak. Sebelumnya Anda telah belajar mengenali fungsi-fungsi penting dalam mobil. Selanjutnya Anda akan belajar memulai menjalankan mobil.

Cara menghidupkan mesin mobil

Langkah pertama dalam menghidupkan mobil yaitu pastikan persneling dalam posisi netral seperti yang saya sebutkan diatas. Jika mobil dihidupkan dan kondisi persneling mobil masuk di gigi 1 atau gigi lainnya, maka mobil akan tiba-tiba meloncat maju. Untuk itu sangat penting sekali memastikan persneling mobil dalam kondisi netral. Lalu juga pastikan mesin AC dalam kondisi mati, karena jika posisi AC dalam kondisi hidup saat mobil dihidupkan, maka akan membuat AKI mobil menjadi tekor.

Lalu setelah mobil dihidupkan, maka kaki kiri mulai menginjak kopling dan kaki kanan mulai menginjak gas perlahan. Kemudian saat menginjak gas perlahan dan ditahan, kopling secara perlahan dilepaskan sampai mobil mulai beranjak jalan. Setelah jalan mobil mulai stabil, maka tambah gas secara perlahan.

Cara memindah persneling mobil

Langkah selanjutnya yaitu bagaimana memindahkan persneling dengan benar. Cara memindah persneling dengan tepat yaitu sama seperti saat pertama menjalankan mobil seperti diatas. Tetapi, perbedaannya disini yaitu pada pergeseran persneling mobil.

Saat sebelum memindahkan persneling, lepaskan kaki kanan dari pedal gas lalu kaki kiri menekan kopling. lalu pindahkan tuas persneling, tetapi jangan melepas kopling secara langsung. Namun harus seirama dengan kaki kanan saat kita menginjak gas.

Cara memberhentikan mobil dan mematikan mobil

Saat awal belajar mengemudikan mobil juga perlu memperhatikan saat mematikan mobil. Setelah Anda sudah melaju dan mulai akan berhenti, kaki kiri menekan kopling dan juga diikuti melepas rem di kaki kanan. Kemudian kaki kanan mulai menginjak rem yang berada di sebelah gas. Setelah mobil berhenti, maka pindahkan persneling gigi ke posisi netral, kemudian lepaskan kopling, lalu angat hand rem yang berada di sebelah kiri kursi.

Cara menghentikan mobil saat belajar adalah dengan kaki kiri menekan kopling diikuti dengan kaki kanan melepas gas kemudian kaki kanan bergeser diatas pedal rem, setelah itu injak secara perlahan untuk mengatur rem supaya mobil lebih pelan untuk memposisikan berhenti sesuai keinginan.

Demikianlah cara dan langkah awal belajar menyetir mobil secara otodidak. Untuk cara-cara mengemudikan mobil selanjutnya akan saya bahas di artikel yang lain. Yang terpenting Anda sudah mengetahui terlebih dahulu cara dasar mengemudikan mobil dengan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui cara belajar mengemudikan mobil secara otodidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *